TANJUNG PINANG

Gen Z Education

Tanjungpinang – Anak-anak yang lahir tahun 1995-2010 adalah anak-anak yang bisa dikatakan sebagai generasi Z. Karena sebelum tahun 1995 internet atau digital sudah ada di dunia ini.

Sehingga anak-anak yang lahir tahun 1995-2010 sudah mengenal apa itu yang namanya teknologi internet, gadget, smartphone, android dll.

Selain itu juga ada beberapa media utama yang digunakan oleh generasi Z yaitu internet, tv dan radio.

Mayoritas generasi z sering sekali menghabiskan waktunya hanya untuk menggunakan teknologi (gadget) dan internet secara berlebihan, sehingga generasi z sering sekali lupa akan waktu. Ada beberapa dampak positif dan negatif jika Generasi Z selalu menggunakan internet atau selalu tergantung pada gadget yaitu:

Dampak positif :

1. Mempermudah komunikasi

Pada zaman dahulu ketika manusia ingin berkomunikasi maka mereka harus bertatap muka secara langsung, beda dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang jika manusia ingin berkomunikasi maka mereka dengan mudah dapat menggunakan aplikasi atau fitur yang ada di gadget.

Contohnya saja seperti aplikasi WhatsApp dengan adanya aplikasi tersebut kita bisa berkomunikasi dengan saudara-saudara kita yang berada jauh dari kita dengan menggunakan video call atau yang sering kita sebut dengan vc.

2. Memperluas jaringan pertemanan.

Mengapa bisa memperluas jaringan pertemanan? Karena dengan adanya media-media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, line dan Twitter maka itu dapat mempermudah kita untuk mencari dan menambah teman bagi kita.

Contohnya saja dengan adanya media sosial seperti Facebook maka kita bisa berteman dengan orang orang yang ada di daerah Kalimantan, Papua, Manado, Makasar bahkan sampai ke berbagai dunia.

3. Sangat muda untuk mencari informasi.

Dengan adanya gadget dan internet maka generasi z akan sangat mudah sekali untuk mencari tahu informasi – informasi apa saja yang ada di dunia ini.

Contoh nya : terjadinya kebakaran di daerah pekan baru maka generasi z akan sangat mudah untuk mencari tahu melalui internet yang ada di gadget mereka.

Dampak negatif :

1. Ketergantungan

Generasi z selalu cenderung akan menghabiskan waktunya dengan bermain gadget sehingga menyebabkan ketergantungan yang berlebihan pada gadget.

2. Generasi z cenderung menghabiskan waktu nya secara berlama lama hanya untuk bermain gadget. Contoh nya : game, generasi z ketika sudah bermain game online seperti mobile legend maka mereka akan lupa pada waktu. Sehingga mereka juga tidak akan ada waktu untuk belajar bahkan ketika orang mereka memanggil pun mereka akan acuh pada panggilan orang tua mereka.

3. Generasi z cenderung salah dalam menggunakan gadget mereka. Contoh nya : sebagian generasi z pasti akan memanfaatkan gadget mereka untuk melihat hal-hal negatif yang ada di internet (pornografi).

Penulis: Veronisa Sihotang, mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Jurusan ilmu administrasi negara

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close