PN Tanjungbalai Karimun Luncurkan Aplikasi SiBeTa di HUT Mahkamah Agung ke-75

  • Whatsapp

Karimun, Faktanasional.id – Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun memperingati HUT Mahkamah Agung yang ke-75 tanggal 19 Agustus 2020.

Untuk tahun ini peringatan dilakukan dengan sederhana yakni dengan menggelar upacara secara virtual (online) yang dilakukan oleh seluruh Pengadilan se-Indonesia.

Upacara virtual tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Jakarta yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Usai melaksanaka upacara virtual, PN Tanjung Balai Karimun melanjutkan acara dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun secara internal.

Kegiatan berlangsung dengan tetap menjaga protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, ketersediaan handsanitiser dan phisical distancing. Dalam acara perayaan tersebut juga dilakukan peluncuran aplikasi Besuk Tahanan (SiBeTa).

Ketua PN Tanjung Balai Karimun, Joko Dwi Atmoko mengatakan, bahwa aplikasi SiBeTa merupakan bentuk inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh PN Tanjung Balai Karimun kepada masyarakat Karimun.

“Dengan adanya SiBeTa, masyarakat dapat dengan mudah untuk mendapatkan surat besuk tahanan secara digital,” kata Joko dalam sambutannya.

Adapun cara penggunaan SiBeTa yaitu masyarakat menscan kode barcored yang tersedia, lalu mengisi formulir secara online dan terkoneksi langsung ke Akun Si LIMUN (Layanan Informasi PN Tanjung Balai Karimun) untuk dipandu dalam pengisian data.

Ketika data sudah selesai diinput, maka masyarakat sudah dapat memperoleh produk surat besuk tahanan tersebut dan kemudian sebagai bentuk evaluasi, masyarakat pun akan disambungan untuk langsung mengisi Survei Indeks Kepuasan Masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Alfonsius Siringoringo, S.H. selaku juru bicara PN Tanjung Balai Karimun mengatakan bahwa melalui tema “Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan Mereson Pandemi Covid-19” hal ini selaras dengan terobosan dan inovasi yang telah dilakukan oleh PN Tanjung Balai Karimun.

“Seperti tersedianya dua ruangan sidang teleconference, peluncuran Si Limun, E-Brosur dan yang terbaru saat ini adalah aplikasi SiBeTa. Hal ini merupakan bentuk pelayanan publik yang dilakukan kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang sedang melanda saat ini,” ucapnya.

Penulis: put

Editor: yan turnip

Pos terkait